Langkah Cara Menyetel Platina Dengan Mudah Dan Tepat

by - Maret 03, 2021

 

Cara Menyetel Platina Mobil

Untuk saat ini memang sudah banyak kendaraan mobil yang sudah memperbaharui system pengapiannya dengan system EVI, akan tetapi masih banyak juga kendaraan mobil yang masih menggunakan system pengapian Platina.

Hal tersebut karena perawatan pada system pengapian yang masih menggunakan sistem platina sangat mudah dan lebiyh irit biaya. Biasanya system platina di gunakan pada kendaraan atau mobil-mobil lama yang masih memakai platina.

Tetapi jika mobill sekarang kebanyakan sudah menggunakan pengapian system pengapian CDI atau dalam bahasa mekaniknya adalah Capacitive Discharge Ignition.

Untuk anda yang mempunyai mobil serta masih menggunakan pengapian platina. Pada kali ini kami akan memberikan tips serta trik cara menyetel platina dengan baik dan benar. Pertama yang harus dilakukan sebelum menyetel platina, serta harus menyiapkan peralatan seperti di bawah ini.

Alat -Alat Untuk Menyetel Platina

  • Siapkan Kunci pas ring ukuran 19
  • Siapkan Obeng plus (+) dan min (–)
  • Selanjutnya siapkan juga Fuller yang fungsinya untuk mengukur celah platina.

Cara Penyetelan Platina

  1. Top kan mesin silinder dengan membuka cop delco.
  2. Posisikan platina pada posis nok puncak (Nok Delko), saat top posisi ebonit atau kaki platina belum mencapai puncak nok delko, maka tambah putaran mesinagar mencapai posisi puncak nok delko.
  3. Langkah selanjutnya harus dilakukan dengan membuka tutup distributor terlebih dahulu.
  4. Kemudian putar pully poros engkol atau di sebut dengan crank shaft memutarnya searah jarum jam sehingga titik pully mengarah ke angka 0 (nol) derajat atau istilahnya TOP 1.
  5. Langkah elanjutnya anda harus mengendorkan baut pengikat platina, hal tersebut harus di usahaan jangan terlalu longgar saat anda memutar baut yang mengikat platina, kira-kira satu putaran saja.
  6. Perlu diperhatikan untuk ukuran celah platina standar adalah 0,45 mm. karena pada ukuran fuller tidak terdapat ukuran 0,45 mm maka diperbolehkan menggunakan ukuran fulle ukuran celah 0,40 mm, tetapi jangan terlalu rapat dan harus sedikit longgar supaya bisa mengikuti celah ukuran 0,45 mm.
  7. Setelah melakukan ata memasukkan fuller ke dalam celah platina, kemudian langsung stel platina dengan memakai obeng min (-). Caranya geser platina secara perlahan menggunakan obeng (-) dengan menekan coak serta tonjolan yang berada dekat platina tersebut. Perlu diketahui Setiap jenis kendaraan mobil memiliki coakan ataupun tonjolan yang berbeda.
  8. Setelah anda selesai melakukan penyetelan, kemudian cek celah platina, serta jika sudah pas dengan ukuran tersebut langsung saja kencangkan dengan baut kembali menggunakan obeng plus.
  9. Setelah semua langkah selesai, kemudian pasang kembali tutup distributor atau sering di sebut juga dengan delco.
Cara Menyetel Platina Motor

Bagaimana? Mudahkan cara menyetel celah platina. Dengan cara tersebut pasti bisa melakukannya sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel serta irit biaya. Jika terdapat kesalahan atau ada yang kurang pas pada saat penyetelan platina, usahakan periksa kembali.


You May Also Like

0 Comments